Penyebab dan Solusi Headset Berbunyi Suara Kresek-Kresek

Ada beberapa penyebab dan solusi headset berbunyi suara kresek-kresek. Pengguna setia headset mungkin sering mengalami suara kresek yang diterima oleh telinga dan tentu tidak enak didengar.

Penyebab dan Solusi Headset Berbunyi Suara Kresek-Kresek

Suara kresek pada headset memang akan memberikan sensasi mengganggu saat digunakan. Oleh karena itu penting sekali untuk Anda mengetahui kemungkinan penyebab dan mencoba beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Penyebab Headset Berbunyi Kresek-Kresek

Penyebab dari headset bersuara kresek-kresek sebenarnya bisa terjadi karena terdapat masalah dari headset itu sendiri atau kerusakan dari handphone. Beberapa penyebab dari headset tersebut bisa jadi karena tidak tercolok secara pas atau headset sering terkena banyak gesekan atau kabel yang terpelintir.

Penyebab lain bisa jadi karena headset sudah terlalu lama tidak digunakan. Sehingga perlu untuk dibersihkan atau memang terdapat satu atau beberapa komponen dari headset yang rusak.

Sedangkan penyebab dari handphone yaitu lubang port atau jack phone hp kotor sehingga output suara yang dihasilkan oleh headset tidak baik. Atau bisa jadi karena hp kemasukan air atau jatuh tentu saja itu dapat berpengaruh pada speakernya.

Beberapa Solusi Jika Output Berbunyi Kresek-Kresek

Berikut ini beberapa solusi jika output Anda berbunyi kresek-kresek yang tentunya sangat menganggu. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Mengecek Kondisi Headset

Solusi pertama yaitu mengecek kondisi headset itu sendiri. Seperti Anda tahu bahwa semakin sering digunakan dan terkena gesekan, tarikan, hingga benturan tentu menjadi salah satu faktor suara hilang sebelah atau kresek-kresek hingga headset cepat rusak.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan kondisi kabel dalam keadaan baik. Selanjutnya adalah mencoba earphone Anda di beberapa perangkat berbeda.

Bisa jadi suara kresek-kresek dari earphone Anda karena tidak support di salah satu perangkat atau karena jack phone perangkat yang bermasalah. Namun jika ternyata dari beberapa perangkat berbeda tetap menghasilkan suara kresek-kresek berarti headset Anda memang rusak.

2. Mengecek Keadaan Jack Phone

Mengecek Keadaan Jack Phone

Selanjutnya jika terdapat masalah dari jack phonenya maka Anda perlu membersihkan hanya dengan cotton bud. Pertama masukkan cotton bud pada lubang smartphone perlahan dan bersihkan kotoran atau debu yang ada di dalamnya dengan diputar pelan-pelan.

Selanjutnya bersihkan pula colokan headphone menggunakan tisu. Setelah itu Anda bisa mencoba mengetes kembali. Beberapa solusi untuk memperbaiki speaker dari handphone yang kemasukan air atau terjatuh adalah dengan mengecek terlebih dahulu.

Lihat juga Cara Membuat Speaker Aktif Menjadi Speaker Mobil

Jika kerusakan karena sistem dan kesalahan konfigurasi maka masih dapat diperbaiki. Namun kalau kerusakan memang dari speaker maka komponen tersebut harus diganti.

3. Mengeringkan HP Jika Kemasukan Air

Untuk handphone yang baru saja kemasukan air maka keringkan hp terlebih dahulu. Hal ini harus cepat dilakukan agar air tidak segera mengenai speaker Anda.

Cara mengeringkannya mungkin Anda sudah tahu yaitu dengan mematikan hp dan melepas batrai jika bisa, kartu sim, sd card, dan masukkan handphone ke dalam beras untuk beberapa hari.

4. Melakukan Hardware Test

Selanjutnya Anda dapat melakukan pengecekan sistem speaker. Pertama coba hardware test. Namun, test ini hanya dapat dilakukan untuk HP Android.

Cara mengeceknya yaitu pertama masuk pada menu dial pad. Setelah itu pencet *#0*#. Setelah muncul beberapa opsi, pilih speaker. Terakhir, dengarkan suaranya. Apakah masih terdengar kresek-kresek atau tidak.

5. Mengganti Speaker Utama ke Sekunder

Selain itu pada handphone biasanya terdapat dua jenis speaker yaitu utama dan sekunder. Speaker utama biasa digunakan untuk mendengarkan lagu, games, video, dan lain-lain, sedangkan speaker sekunder hanya untuk menelpon.

Namun jika Anda menemukan kerusakan terdapat pada speaker utama.Maka Anda dapat mengalihkan fungsi speaker handphone pada speaker sekunder semuanya.

Untuk memperkecil kemungkinan penyebab dan solusi headset berbunyi suara kresek-kresek Anda dapat mencegah dengan membeli headset original. Walaupun terbilang lebih mahal namun headset original dapat memperkecil kemungkinan kerusakan remeh.

Untuk memperkecil kemungkinan penyebab dan solusi headset berbunyi suara kresek-kresek Anda dapat mencegah dengan membeli headset original.

Baca juga Macam-Macam Ukuran dan Skema Box Subwoofer Speaker

Leave a Reply

Your email address will not be published.