Cara Membuat Speaker Aktif Rumah Menjadi Speaker Mobil

Cara membuat speaker aktif rumah menjadi speaker mobil merupakan salah satu aktivitas memberikan aksesoris dalam mobil. Banyak orang tertarik memberikan aksesoris untuk memperindah isi mobil, membuat mobil lebih maksimal terutama bagian suara.

Dalam proses pembuatannya tidak membutuhkan biaya mahal namun membutuhkan kreativitas Anda karena kita hanya menggunakan speaker aktif yang ada dirumah saja.

Membuat Speaker Aktif Rumah Menjadi Speaker Mobil

Mengenai Speaker Mobil dan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Perlu Anda ketahui bahwa tegangan pada speaker aktif tentu lebih tinggi dibandingkan listrik dalam mobil. Sehingga untuk membuatnya dapat berfungsi di dalam mobil tentu ada cara tertentu yang harus anda pelajari.

Cara yang umum digunakan yaitu memasang rangkaian tambahan berupa interver DC ke AC. Sebelum mulai mengerjakan tentu Anda harus mempersiapkan beberapa bahan yang akan digunakan. Beberapa bahan tersebut antara lain, speaker aktif bekas.

Selanjutnya yaitu interver DC ke AC. Kabel setrum dan kabel untuk speaker, sedikit saran untuk Anda yaitu sebaiknya tidak menggunakan kabel ukuran kecil.

Bahan yang Dibutuhkan

Selain itu Anda butuh solder, tinol, serta selotip khusus kabel. Terakhir, tweeter yang berguna untuk mengeluarkan suara treble.

Langkah-Langkah dalam Membuat Speaker Mobil

Terdapat enam langkah dalam cara membuat speaker aktif rumah menjadi speaker mobil.

  1. Langkah pertama yaitu Anda harus membuka speaker aktif terlebih dahulu. Jika terdapat travo 220V pada arus AC maka lepaskan. Namun langkah ini hanya digunakan jika power amplifier memiliki tegangan tunggal
  2. Selanjutnya ganti travo dengan power interver DC ke AC melalui jalur parallel yang sejalur dengan Elco Power
  3. Selanjutnya Anda dapat menggunakan IC Regulator pada rangkaian jika dalam power speaker aktif terdapat rangkaian tambahan seperti loudness dengan suplai 9,12, dan 24V
  4. Langkah selanjutnya adalah menyambungkan power inverter pada ACCU mobil. Kabel positif pasangkan pada strom ACCU. Sedangkan kabel negatif sambungkan dengan ground atau masa. Anda juga dapat membuat saklar on dan off pada rangkaian ini agar tidak perlu bolak balik saat akan menggunakannya
  5. Kemudian setelah selesai dengan rangkaian sebelumnya. Maka Anda dapat memasang tweeter tambahan. Kabel tweeter ini dapat disambung pada rangkaian speaker aktif ataupun menggunakan jack RCA yang dikoneksikan langsung pada port output yang terletak di belakang speaker aktif
  6. Langkah terakhir yaitu memindahkan sensor remote yang ada di speaker aktif ke depan mobil. Hal ini berguna agar saat digunakan Anda tidak perlu lagi melihat belakang mobil. Namun ini hanya dapat digunakan jika speaker aktif menggunakan remote.

Solusi Lain dari Membuat Speaker Mobil

Interver DC ke AC dijual dengan harga mahal. Ada solusi untuk Anda jika ingin membuat dengan harga murah yaitu menggunakan interver DC ke DC. Namun langkah-langkahnya memang akan lebih rumit dibandingkan langsung menggunakan interver DC ke AC.

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan bongkar mesin. Tujuannya yaitu untuk melihat sistem power supply sehingga Anda bisa tahu jenis yang digunakan.

Biasanya dalam power supply speaker aktif terdapat dua macam, pertama sistem dua arah plus minus. Pada jenis ini Anda dapat langsung menyambungkan ke aki mobil tanpa menggunakan interver.

Lihat juga Ukuran dan Skema Box Subwoofer

Macam kedua yaitu sistem tiga arah, plus, nol, dan minus. Pada sistem ini memerlukan bantuan interver agar tidak cepat rusak.

Setelah mengetahui ukuran dan jenis power supply maka Anda perlu menyediakan kit inverter. Kit inverter ini berguna untuk dipasang ke rangkaian mesin speaker aktif.

Selain itu sebelum melakukan pengerjaan secara garis besar Anda perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Pertama yaitu Anda perlu memahami komponen serta peralatan yang harus dipersiapkan. Selain itu perlu memastikan jarak antara subwoofer dengan kabel. Pastikan jaraknya pendek agar lebih mudah dalam proses pemasangan.

Selanjutnya siapkan head unit dan melakukan setting bagian rear speaker. Selain itu untuk memudahkan penggunaan Anda dapat pula membuat amplifier off ketika sedang tidak digunakan. Terakhir yaitu pemasangan sekring tanpa inverter.

Pemasangan speaker aktif rumah ke mobil mudah namun membutuhkan ketelitian. Jadi penting memahami langkah-langkah di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.