Cara Menambah Efek Bass Pada Speaker

Beberapa orang cukup suka untuk menambah efek bass sehingga speaker menghasilkan getaran yang kuat dan lebih semangat. Speaker aktif juga sekarang ini banyak dijual dengan dilengkapi bass yang masif dan menonjol, lalu bagaimana dengan speaker anda yang tidak sekuat itu bassnya. Berikut cara menambahkan efek bass pada speaker sehingga suaranya lebih maksimal.

Menambah efek bas berarti anda menambah frekuensi pada rentan suara pada 32Hz hingga 512 Hz. Kita bisa memperbesar daya yang keluar dari speaker baik pada speaker woofer atau subwoofer untuk menambah kekuatan bass dan bisa dengan daya 1000 watt keatas.

Menambah Efek Bass Pada Speaker

Cara menambah efek bass pada speaker bisa dilakukan dengan beberapa pilihan. Selain bisa menggunakan komponen speaker itu sendiri, efek bas juga bisa didapat dari penggunaan alat-alat tertentu atau alat tambahan yang akan kita pelajari di artikel ini.

Dengan efek bass yang lebih tebal, nuansa pada saat memainkan musik akan jauh lebih terasa. Agar suara lebih maksimal, pastikan juga bahwa perangkat yang digunakan sudah mendukung Cara Hack Speaker Bluetooth Yang Terhubung.

Jika speaker tidak mendukung penerapan suara bass tinggi, tentu produksi suara bisa pecah. Hal itu akan membuat pengalaman mendengarkan musik jadi kurang atau tidak maksimal.

Berikut Cara Menambah Efek Bass

Ada beberapa cara untuk menambahkan efek bass pada speaker. Jika ingin hasil lebih maksimal, penambahan alat tertentu juga bisa diterapkan. Berikut adalah beberapa cara menambah efek bass pada speaker:

1. Memasang Tone Control

Memasang Tone Control

Cara menambahkan efek pertama adalah dengan memasang tone control pada audio set yang digunakan. Nantinya, frekuensi suara bisa ditambah atau dikurangi sesuai keinginan.

Tone control memiliki dua versi untuk diterapkan. Pertama adalah jenis biasa dengan pengaturan bass dan trebel saja. Kedua adalah versi lebih tangguh, yaitu dengan pengaturan bass, vokal dan trebel.

2. Gunakan Equalizer

Menggunakan Equalizer

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan equalizer. Alat ini mampu mengontrol nada dari frekuensi 30 Hz sampai dengan 20 KHz.

Bisa dibilang cara ini lebih detail dibanding menggunakan tone control karena lebih leluasa dalam mengatur suara berdasarkan frekuensinya. Sementara tone control hanya sebatas menaikkan bass, trebel dan vokal saja.

Lihat juga Macam-Macam Ukuran dan Skema Box Subwoofer Speaker

3. Tambahkan Bass Booster

Komponen adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk meningkatkan efek bass pada speaker Anda di kamar atau dimobil. Dengan alat ini, efek tersebut akan ditambah dengan menaikkan gain subwoofer.

Pastikan Anda menggunakan merek perangkat terpercaya agar kualitas suara yang dihasilkan bisa terjamin. Pada akhirnya, telinga akan terpuaskan dengan suara dari pengeras suara tersebut.

4. Pasang Filter Subwoofer

Filter subwoofer cukup berpengaruh terhadap tinggi atau rendahnya efek bass pada speaker, Nantinya, kita bisa menyaring frekuensi rendah sehingga menghasilkan efek nada rendah yang tinggi.

Hal itu secara bersamaan dapat menghilangkan frekuensi suara tinggi. Hasilnya, audio yang didapat akan berada di frekuensi rendah berkisar antara 30 Hz – 55 Hz.

5. Atur Penempatan Speaker

Ketimbang harus mengeluarkan biaya tambahan, tidak ada salahnya untuk memaksimalkan efek dari peletakan perangkat audionya. Untuk menguatkan efek tersebut, perangkat audio sebaiknya diletakkan di lantai.

Menaruh audio dengan cara diangkat atau diganjal juga dinilai dapat mengurangi efek bass yang dihasilkan. Hal itu karena jarak pantulan suara dengan bidang lantai terlalu jauh.

6. Mengubah Ukuran Ventilasi Box Speaker

Selain dari komponen audio yang bersangkutan, ukuran ventilasi udara pada box speaker juga cukup berpengaruh terhadap suara bass yang dihasilkan, terutama speaker yang memiliki lubang ventilasi pada bagian boxnya.

Silakan ubah ukuran ventilasi tersebut menjadi lebih panjang atau sesuai dengan keinginan Anda. Umumnya, speaker dengan bass yang optimal memiliki panjang ventilasi mencapai 3,5 – 4 inci.

7. Pilih Speaker Sesuai Tempatnya

Jika Anda menggunakan speaker untuk dipasang di kamar, maka pilihlah perangkat yang memang didesain untuk penggunaan dalam ruangan. Speaker outdoor tentu akan memiliki spesifikasi yang berbeda.

Tentukan juga lebar kamar Anda agar pantulan suara dari audio bisa lebih maksimal sehingga efek yang dihasilkan semakin terasa. Hal ini tentu harus dilakukan sebelum Anda membeli speaker tersebut.

Di saat sedang suntuk, mendengarkan musik tentu bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika Anda menyukai efek bass yang tinggi, beberapa cara di atas bisa menjadi cara ampuh untuk diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.