Skema Box Speaker 12 Inch Untuk Bass

Skema box speaker 12 inch adalah rancangan atau desain kotak yang digunakan untuk menampung speaker 12 inci. Skema ini biasanya digunakan untuk meningkatkan performa suara speaker tersebut, terutama untuk menghasilkan bass yang lebih kuat yang akan kita bahas lengkap di artikel ini.

Ada beberapa jenis skema box speaker 12 inch, di antaranya adalah skema bass reflex, sealed, dan bandpass. Skema bass reflex adalah skema yang paling populer digunakan untuk meningkatkan performa bass speaker 12 inci.

Kotak Speaker

Skema ini memiliki lubang atau sekat di bagian belakang kotak, yang berfungsi sebagai jalan keluar udara yang tertekan oleh getaran speaker. Dengan adanya lubang tersebut, bass yang dihasilkan akan lebih kuat dan lebih terdengar.

Skema sealed juga sering digunakan untuk box speaker 12 inci. Skema ini memiliki kotak yang tertutup rapat, sehingga udara yang tertekan oleh getaran speaker tidak dapat keluar. Hal ini akan menghasilkan bass yang lebih halus dan berkualitas, namun kekuatannya tidak sebesar skema bass reflex.

Skema bandpass adalah sebuah rangkaian elektronik yang berguna untuk menyaring sinyal yang masuk sehingga hanya sinyal frekuensi tertentu saja yang akan diteruskan. Dalam kasus speaker, skema bandpass dapat digunakan untuk menghasilkan suara yang lebih jernih dan berkualitas dengan menyaring sinyal frekuensi tinggi atau rendah yang tidak sesuai dengan kemampuan speaker untuk memainkannya. Dengan demikian, hanya sinyal frekuensi yang sesuai dengan kemampuan speaker yang akan diteruskan ke speaker, sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih dan berkualitas.

Lihat juga Kelebihan dan Kekurangan Speaker Subwoofer Legacy 12-Inci

Perlengkapan & Cara Membuat Box Speaker 12 Inch untuk Bass

Untuk membuat box speaker 12 inch untuk bass, Anda akan membutuhkan beberapa perlengkapan berikut:

  1. Speaker 12 inch yang sesuai dengan kebutuhan Anda
  2. Lem kayu atau lem serat untuk mengikat bagian-bagian box speaker
  3. Pemotong kayu atau pahat untuk mengukir bagian-bagian box speaker
  4. Alat pengukur seperti jangka sorong untuk mengukur bagian-bagian box speaker
  5. Penggaris atau kuas untuk memastikan bagian-bagian box speaker memiliki bentuk yang sesuai
  6. Perkakas elektrik seperti mesin bor, obeng, dan sebagainya untuk memasang speaker ke dalam box
  7. Kabel speaker untuk menghubungkan speaker ke ampli
  8. Ampli atau pemutar musik untuk menjalankan speaker

Anda juga dapat menambahkan perlengkapan lain sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, seperti perekat, pengukur sudut, dan sebagainya. Jika Anda belum memiliki pengalaman dalam membuat box speaker, disarankan untuk meminta bantuan atau mempelajari tutorial terlebih dahulu sebelum memulai proyek ini.

Lihat juga Macam-Macam Ukuran dan Skema Box Subwoofer Speaker

Bagaimana Agar Box Speaker Rakitan Ukuran Box Speaker 12 Inch Bass Jauh

Untuk mendapatkan bass yang lebih jauh dan lebih menggelegar, ikuti cara berikut khusus untuk speaker 12inci.

Box Speaker Rakitan Ukuran Box Speaker 12 Inch Bass

a. Buat Skema Rangka Kotak Speaker

Untuk membuat skema rangka kotak speaker, pertama-tama Anda perlu menentukan ukuran kotak speaker yang diinginkan sesuai dengan speaker yang akan digunakan.

Kemudian, gunakan keahlian Anda dalam membelah potongan papan untuk membuat frame kotak speaker dengan ukuran 4 x 2 di sisi kanan, kiri, depan, dan belakang.

Pastikan untuk memilih partikel berserat dengan kepadatan sedang agar kotak speaker terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama. Pada alas atas dan alas bawah, buatlah dengan ukuran perbandingan 2 x 2. Pastikan semua ukuran sesuai dengan skema yang telah dibuat agar kotak speaker dapat terpasang dengan baik dan dapat bekerja dengan optimal.

b. Rekatkan Semua Papan Menjadi Satu Kotak

Untuk membuat lubang pada papan depan kotak speaker, pertama-tama Anda perlu menentukan diameter tepi bodi speaker yang akan digunakan. Kemudian, buat lubang dengan diameter tersebut menggunakan alat pemotong kayu atau pahat. Pastikan lubang berada di tengah papan depan agar driver speaker dapat terpasang dengan baik. Setelah lubang selesai, pasang body speaker untuk memastikan apakah sudah pas atau belum.

Selanjutnya, beri lubang kecil untuk konektor panel, handle samping kanan dan kiri, serta ventilasi. Ini berguna untuk menghubungkan kotak speaker ke ampli atau pemutar musik, memudahkan dalam mengangkat kotak speaker, serta menjaga kualitas suara dengan menjaga aliran udara yang baik.

Setelah semua bagian siap, rekatkan semua papan menjadi satu dengan menggunakan lem kayu atau lem serat. Ini akan memastikan bahwa kotak speaker dapat terpasang dengan kuat dan tahan lama. Terakhir, tutupi seluruh kotak speaker dengan karpet lembut agar terlihat lebih indah dan suara yang dihasilkan lebih kedap suara. Pastikan semua bagian terpasang dengan baik agar kotak speaker dapat bekerja dengan optimal.

c. Memassang Kotak Speaker

Kotak Speaker

Jika kotak speaker sudah siap, saatnya merakit semua bagian menjadi satu. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tempatkan driver speaker, driver klakson, dan konektor panel pada kotak speaker yang telah Anda desain sebelumnya. Pastikan semua bagian terpasang dengan baik dan kokoh.
  2. Sambungkan kabel dari speaker ke driver klakson menggunakan konektor yang sesuai. Pastikan kabel terpasang dengan kokoh agar tidak terjadi gangguan saat menggunakan speaker.
  3. Selesai. Kotak speaker 12 inci untuk bass sudah siap digunakan.

Sebelum menggunakan speaker, pastikan untuk mengatur volume dan setting ampli atau pemutar musik sesuai dengan kebutuhan Anda. Ini akan membantu Anda mendapatkan hasil suara yang sesuai dengan yang diinginkan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *