Macam-Macam Ukuran dan Skema Box Subwoofer Speaker

Untuk membuat set audio dengan kualitas baik tentu membutuhkan ukuran dan skema box subwoofer speaker yang tepat. Set audio tersebut dapat digunakan untuk interior rumah maupun mobil.

Hal baik dari membuat set audio tersebut adalah Anda dapat mencoba membuatnya sendiri jika telah memiliki skema dari berbagai ukuran speaker. Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya dimulai dengan membahas mengenai subwoofer speaker terlebih dahulu. Berikut pembahasan lengkap dari kami.

Mengenal Subwoofer Speaker

Subwoofer merupakan salah satu jenis speaker yang memiliki frekuensi suara antara 20 Hz hingga 200 Hz. Dengan frekuensi tersebut dalam penggunaannya, subwoofer akan menghasilkan suara nada rendah yang sangat bagus untuk suara bass.

Subwoofer Speaker

Berdasarkan ukuran, subwoofer memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan jenis speaker lainnya. Subwoofer digunakan karena berfungsi untuk mereproduksi dua hingga tiga oktaf terendah dari pendengaran manusia yang dikenal dengan bass atau sub-bass.

Penggunaan subwoofer dapat menambah kemampuan bass dari speaker utama. Speaker jenis subwoofer biasanya digunakan pada sound system dalam mobil atau pada perangkat komputer, bisa juga pada speaker bluetooth dan sejenisnya.

Subwoofer Speaker ukuran besar

Subwoofer biasanya menggunakan perangkat individu pengeras suara yang berukuran diameter 8 hingga 21 inci.

Macam-Macam Ukuran dan Skema Box dari Subwoofer Speaker

Setelah mengetahui pengertiannya, selanjutnya akan dibahas mengenai berbagai macam ukuran dan skema box subwoofer speaker. Dalam membuat box penting untuk membuat sesuai besar ukuran speaker agar tetap memberikan kualitas dan jenis suara subwoofer secara maksimal, jelas dan bagus.

Terdapat kurang lebih 5 skema box beserta ukuran berdasarkan besar subwoofer speaker.

Ukuran dan Skema Box Subwoofer Speaker 6 Inch

Skema Box Subwoofer Speaker 6 Inch

Pertama, skema box dan ukuran dari speaker 6 inch. Untuk speaker berukuran 6 inch volume box idealnya berkisar antara 9.450 hingga 14.580 cm3.

Selanjutnya dalam membuat skema juga tidak sulit karena dapat Anda buat dalam bentuk kubus dengan sebuah lubang angin.

Rinciannya sebagai berikut, pada panjang dan lebar box sekitar 20 cm. Selanjutnya tinggi sisi kanan full 57 cm sedangkan tinggi sisi kiri juga 57 cm.

Namun dengan membuat lubang sedalam 5 cm dan setinggi 6 cm dengan jarak 12 cm dari sisi bawah. Peletakkan subwooter ukuran 6 inch yaitu 39 cm dari lubang udara.

Ukuran dan Skema Box Subwoofer Speaker 8 Inch

Skema Box Subwoofer Speaker 8 Inch

Selanjutnya untuk speaker 8 inch memiliki volume box ideal sebesar 14.580 hingga 25.980 cm3. Skema yang satu ini sedikit berbeda dengan skema sebelumnya.

Karena akan memiliki beberapa sekat yang terhubung dengan lubang angin. Skema box dari ukuran ini yaitu memiliki panjang 28 cm, lebar 31 cm, serta tinggi 42 cm.

Anda juga bisa menggunakan ukuran yang lain seperti gambar diatas.

Skema Box Subwoofer Speaker 10 Inch

Skema Box Subwoofer Speaker 10 Inch

Untuk ukuran 10 inch memiliki volume ideal sebesar 25.920 hingga 48.600 cm3. Ukuran speaker ini dapat dikatakan paling ideal untuk sebuah audio box subwoofer. Dalam skema ini tidak rumit dan hanya memiliki dua sekar untuk jalur udara.

Berbentuk kubus dengan sisi 35 cm dan tinggi 53 cm. Diameter lingkaran pada box yaitu sekitar 23 cm dengan besar lubang udara sekitar 4 cm.

Ukuran dan Skema Speaker 12 Inch

Ukuran dan Skema Speaker 12 Inch

Ukuran dan skema selanjutnya yaitu untuk speaker 12 inch. Ukuran ini juga salah satu yang ideal dengan volume box berkisar antara 48.600 hingga 94.500 cm3.

Skema dari box ini hanya butuh satu sekat dan satu lubang udara. Box ini memiliki ukuran sisi 42 cm dan tinggi 60 cm serta lubang sekitar 6 cm.

Ukuran dan Skema Speaker 15 Inch

Terakhir yaitu ukuran dan skema box dari subwoofer speaker 15 inch. Skema dari speaker ini terbilang cukup rumit salah satunya karena memiliki banyak sekat. Namun itu berguna untuk menghasilkan ruang resonansi sempurna.

Volume box satu ini juga pasti lebih besar yaitu sekitar 94.500 hingga 210.000 cm3. Memiliki sisi 50 sentimeter dengan lebar 61 sentimeter dan tinggi 42 sentimeter.

Mengetahui jenis-jenis ukuran dan skema box dari subwoofer speaker tentu berguna. Agar Anda tidak salah dalam membuat dan tetap menghasilkan suara yang sempurna untuk speaker aktif anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.